Aa’ Gym ( T E N G I L )

TENGIL

T : Takabur
E : Egois
N : Norak
G : Galak
I : Iri
L : Licik
(Uraian & solusi-nya bisa diliat di bwah klo seumpama dah lupa)

T : takabur – tawadhu
E : egois – seneng brbagi dgn iklas
N : norak – jgn pengen dipuji ( jgn takut dimaki)
G : galak – tegas tp santun
I : iri – ga usa pikirin takdir org…
L : licik – jujur

ad. 1
Ga boleh takabur.
Mesti eling klo kita bukan apa2 klo ga ada org laen
mas yg ganteng ga keliatan keren klo ga ada tukang cukur
polisi ga keren klo ga ada tukang cukur
direktur ga jadi direktur klo ga ada bawahan (emang mo nge-las sndiri??)
Ciri org sombong
– mendustakan kebenran (Ga suka ngaji / ga suka dinasehati)
– merendahkn org laen (Makin seneng klo og laen lebih rndah)
solusi = tawadlu / rendah hati
Org dihargai org laen karena Allah… kekurangan, kejelekan, aib, ditutupi Allah…
tar kebuka aib 5 menit (kayak artis) bisa masuk penjara, dicaci maki org..
ga boleh takabur, ga boleh ngrendahin orng laen

ad. 2
Ketika di bus, ada ibu hamil tua, trus malah nanya
”ibu lagi hamil tua ya?
Pasti berat?
Ibu mo punya anak yg kuat?
Anak yg kuat lahir dari ibu yang kuat
Ibu yg kuat yaa berdirinya…

Egois tidak pernh bs mulia.
ga boleh egois. Pilih mana?

Contoh: orng bw mobil beli buah duku..
(+) Dukuna brapa bu’
(-) 9,ebu pak
(+) udah 5 rebu aja
Mahal amat

Yg baek tuh klo, meski cuman karyawan biasa tapi
(+) Dukuna brapa bu’
(-) 9,ebu pak
(+) ambil aja kembalianny bu..

Sebaik2ny manusia bukan yg memiliki (kaya) tapi yg bermafaat bagi yg laen..

Ad. 3
Norak = ga rela dengan kenyaatan
Orang yg Pengen keliatan lebih tuh ~ menderita
Contoh
Ga usa mikirin bagusan di poto ato aslinya ~ ga usa dipikirin, terima adanya,,,, emang segitu adanya
Mo bahagia tuh JUST THE WAY YOU ARE..

Sillahkna menderita yg pengen lebih
Tahan napas biar keliatan kurusan
Direndem semalem biar keliatan putih
Enakan klo apa adanya

Make pakaian tuh buat menghargai org yg ditemui, bukan agar dihargai.

Ad. 4
Galak VS tegas santun
Nafsu ~ Marah ~ zalim (nyakitin org)
Tegas & santun ~ sholeh

Piring pecah =
– ibu galak ~ hhuuaaahhh… puyeng de.. dimana mata kamu…. kampungan… (nyakitin orang)
– ibu tegas & santun ~ ada bukti, jelas & terarah.
Inget ga perjanjian kerja dulu,,, klo pecah se’lusin ga boleh kerja disini lg
saya minta maap ga bisa diperpanjang, terimakasih yg bantu selama ini,
mudah2an dpt krja yg lebih baik d t4 laen
ni pesangon mudah2 bs dpake selama cari kerja (ga pake marah)

Ad. 5
Ga boleh Iri. mesti bersyukur ama kondiri diri sndiri.
Klo iri tuh menderita soalna bakal mikrin orang laen mulu. Kita enak2 tidur, org yg dengki mah sibuk mikirin kita.
Rezeki udah ada yang atur. Selamat menderita bagi yang iri.

Rezeki udah ada yang atur. Lebih rezeki yg datang ke kita daripada kita ngedatangin rezeki, contoh maem di kantin, kita cuman perlu jalan 100 meter, tapi tuh nasi dtg dr sumatra, garamna dateng dari madura, saos dari malaysia.

Ad. 6
Jujur tetep dapet rejeki…
Pas bayi ga da papa dpet susu
Ga dpt susu ibu dpt susu sapi

Maem di kanteen dtg sndiri
Rezeki ngedeekitn kita
Sapa yg nimba, sapa yg ngebotolin, sapa yg bawa ksini

Seorang preman.. pengen anakny jujur,,,
Semua pengen ma org jujur
Ke pasar pasti cari penjual yg jujur
Manajemen pasti maunya karyawan yg jujur
Karyawan pasti maunya karyawan yg jujur
Penjahatpun mo temen jujur, ”coy, meski sama2 penjahat, tp kmu jujur yah klo ma aq”

Ceramah by Aa’ Gym – 22 September 2010 di pabrik
Photo by Junee – N104646

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: