Berbahasa (1)

Berbahasa adalah salah satu bentuk komunikasi yang paling efektif dalam menjalin hubungan antar personal. Semua bahasa mempunyai karakter sendiri-sendiri yang menunjukkan ciri khas masing-masing. Namun yang tak kalah pentingnya adalah komunikasi itu sendiri, komunikasi harus terus berjalan apapun bahasa yang disampaikan.
Ada beberapa bahasa yang digunakan di pabrik kita tercinta ini, bahasa Indonesia, bahasa inggris, bahasa korea, bahasa daerah, bahasa excel, bahasa simbol, bahasa mesin, bahasa lampu peringatan serta bahasa-bahasa lain yang bisa dipahami oleh seluruh karyawan.
Kali ini saya hanya menyoroti salah satu bahasa yang ada. Sebenarnya saya masih bingung, mau memasukkan hasil temuan saya ini ke bahasa mana. Aneh, unik dan beberapa salah kaprah sedikit ngawur. Beberapa keunikan (dan salah kaprah) yang sering kita temukan di lingkungan kita sendiri saya crop di beberapa tempat. Berikut hasil temuan saya :


Test run

 


Buyback

 


Briefing

 


Scratch

 
hierarchy

 


Scrap (saya malah terkecoh membaca scarf)

 


Impossible di sini adalah kata sifat, maka preposisi yang benar adalah not. Not Impossible.

 
Ada yang salah dengan kalimat pertema, apa itu? ya benar, kalimat pertama tidak ada kerjanya sehingga masih terasa janggal.
“Twice same defect” adalah frasa keterangan
“No compromise” adalah kata benda

 
Meskipun stiker ini saya yakin bukan orang dari pabrik kita yang membuat namun tetap saya potret karena masih berada di lingkungan area kerja.
Asal kata dari science yang ditransformasikan ke bahasa Indonesia menjadi sains. Namun ketika merujuk pada profesi dalam bahasa inggris (penambahan -ist) tidak bisa serta merta bahasa Indonesianya ikut-ikutan, ikut malah salah. Kata scientist masih belum ada padan katanya dalam bahasa Indonesia, lebih baik bahasa aslinya saja.

Boleh jadi komunikasi tersambung, apa yang disampaikan dapat dimengerti namun bahasa adalah hal yang paling mendasar. Kesalahan kecil seperti ini tidak bisa dianggap sepele bagi sebuah pabrik sebesar ini. Seiring meningkatnya status pabrik tercinta ini menjadi pabrik Global top 1, mari kita tingkatkan kemampuan berbahasa kita dengan baik, mari kita perbaiki cara berbahasa kita, sehingga menunjukkan kita adalah orang-orang no. 1 people.

N104364

    • Chaerul
    • May 7th, 2011

    untung aja kata2 yang ada di TDR soldering ga kefoto…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: