Briefing pagi : Arloji di Jerami

Ceritana ada sebuah gudang tempat menyimpan jerami-jerami untuk makan para kuda. Setiap hari gudang itu rame penuh dengan pekerja-pekerja yang masukin jerami baru n yang laen sibuk ngambil jerami buat dikasi ke kuda-kuda.

Suatu saat di siang hari, pas di jam sibuknya para pekerja, ada seorang pekerja yang galau bin panik, soalna arlojinya terjatuh n dia ga bs nemu’in dimana arlojina jatuh. Diapun tertunduk sesenggukan soalna arlojinya sangat berarti buat dia. Pekerja yang laen denger ceritana n smua bsemangat ngebantu dirinya. Seluruh gudang diobrak-abrik. Jerami-jerami yg ad disana diobok-obok ga karuan. Si pekerja yg arlojinya ilang dibantu sepuluh pekerja laen, nyari arloji yang ilang mpe berjam-jam n akhirna menyerah karena kelelahan. Si ilang arloji terduduk lesu.

Kemudian datang pekerja muda dari pintu masuk yg sebelumna brtugas di tempat laen, diapun ngedatenin temenna yg gi brsedih, “kenapa mas, ada yg bisa aq bantu?”. Si ilang arloji balas, “arlojiku ilang dik, tulung bantuin nyarina… tulung dik… tulung ya dik… please..!!!”

Si pekerja muda nge’iya’kan, trus dia jalan ke tengah gudang. Ga ngebongkar tuh jerami, dia malah duduk manis di tengah sana. Pekerja laen pada binun ngeliat dia, eh si pekerja muda malah naruh jari di bibir ny’isyarat’in yg laen buat diam n jangan berisik. Suasanapun hening.

Sambil merem, dia duduk di tengah gudang trus ga berapa lama dia senyum n segera ngedatengin jerami yg ada di deket tembok gudang. Sekali rogoh dan walah… dia ngedapetin tuh arloji.

Pekerja yg laen melongo, ga nyangka temenna bisa dapet tuh arloji. “Elu dukun ya? Elu pesulap kayak uya kuya ya?” Si pekerja muda ngejelasin, “Bukaan…., diriku tadi cuman duduk diem, nyoba nge’denger’in detak arloji yg ilang. Di kesunyian kita bisa kok ngedenger bunyi detik jam berjalan arloji itu”
Para pekerja tersenyum kagum, si ke’ilang’an arloji excited n berterima kasi ma si pekerja muda atas bantuanna nemu’in arlojinya.

Pesan singkat dari cerita ini adalah klo kita kerja tuh mesti CERDAS, mesti SABAR jangan TERGESA-GESA, jangan TERBURU-BURU. Soalna klo gawe keburu-buru pasti jadina ga optimal, mala bisa gatot alias gagal total. Pas tenang tuh kita bisa berpikir lebih jernih, and rencana kerja lebih matang dan pastinya hasilnya jaoh lebih baik dibanding klo terburu-buru.

Dari Ibnu ‘Abbas, beliau berkata bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda pada Asyaj ‘Abdul Qois,
“Sesungguhnya dalam dirimu terdapat dua sifat yang dicintai oleh Allah, yaitu sabar dan tidak tergesa-gesa.”(Diriwayatkan oleh Bukhari)

“Bertakwalah kepada Allah, sabarlah dan jangan engkau terburu-buru”
(Al-Hasan al-Basri)

Leks

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: