PATUNG LELE

Bnyak kota yang mempunyai ciri khas berbentuk patung dengan berbagai bentuk, ada yg bentuk tugu, mahluk hidup, atopun ukiran seni. Kayak kota lain, contohnya jogja, khas dengan tugu jogjanya, Surabaya dengan patung buaya dan hiu’nya dan laen2. Selain makna atau sejarah yang tersirat di dalemnya, patung tsb lumayan bget buat poto2 (aduu ga jaoh apa poto2 nasis lg de), bisa buat nunjukkin klo kita prnah ke ikon suatu kota.

Trus klo di cikarang-bekasi mo poto2 ama ikon khas kota dimana?

Dahulu, Bekasi punya ikon patung yang smpat tersohor waktu itu yaitu Patung Lele yg letaknya di simpang Bulan-Bulan. Patung yang berbentuk ikan Lele dengan buah kecapi, namun lebih dikenal dengan sebutan Patung Lele. Ikon ini kuat di ingetan msyarakat karena letaknya yg strategis. Malah dulu klo ada org  nanya lokasi, Orang Bekasi biasanya jawab klo lokasi Stasiun Kereta, RSUD, kantor Polres, atau Mesjid besar sbb; “Stasiun ada di kanan Patung Lele, RSUD Bekasi ada di kiri Patung Lele”, gitu jg klo ada yg bikin SIM apa STNK di Polres, ato mo sholat Mesjid gedenya Bekasi. Selain jadi patokan buat ketemu, Patung Lele uda jadi penunjuk jalan favorit krna brada di tengah jalan dan patungnya lumayan gedhe.

Patung Lele dibangun tahun 1955, bertahan selama 7 tahun dan turun tahta tahun 2002.

(bukan poto sebenerna.. ; ga nemu)

Patung yang dibangun oleh kuasa Bupati Moch. Djamhari saat itu dirasa ga sesuai ama kemauan masyarakat dlm ngebentuk sebuah ikon. Bupati ngerasa ikan lele dan buah kecapi cucok krna dua hasil bumi itu berkmbang pesat di kota bekasi, oleh krnanya layak dijadikan ikon. Smntara msyarakat ngerasa lele dan buah kecapi kurang pantas menjadi icon, Lele merupakan ikan yg rakus dan pemakan segala, udah gitu harganya murah, sedang buah kecapi meski hampir tiap kebun di Bekasi ada tapi harganya murah juga. Jadi ga pas klo dijadiin patung kota.

Beberapa kali melontarkan protes ke Bupati hingga merambah ke Walikota Bekasi saat itu bapak Nonon Sonthani, namun krna proses birokrasi yg panjang, akhirna.. ketika sehabis apel akbar tanggal 24 April 2002 di Stadion Olah Raga Bekasi, Kepala Desa Sri Jaya, kecamatan Tambun, bapak Damin Sada bersama beberapa masyarakat Bekasi yang tergabung dalam Himpunan Putra Putri Patriot Bekasi (Hipprasi) atau Badan Kekeluargaan Masyarakat Bekasi (BKM) Baghasasi, datang ke patung lele trus membakarnya.

Patung Lele beserta buah kecapinya kini tinggallah Kenangan..

….

Meski menjadi lele bakar & kecapi bakar bahkan hangus ditelan masa, Patung Lele menjadi suatu kenangan dan cerita untuk anak2 Bekasi.

Peta Ancer-ancer dari Patung Lele

Next, proses pencarian ikon patung kota bekasi masi berlanjut. Ada yg mengusulkan Ikan Gabus dan buah Rambutan, ada yg mengusul kan boneka dan ikan hias, dan laen sebagainya.Bahkan ada sayembaranya tahun 2010 lalu.

Patung Jam Gadang dengan space iklan di tengahnya tp kosong (Maret 2012)

Walaupun sekarang Patung Lele sudah berganti dengan jam besar dan penyangganya yang besar khusus untuk space iklan, patung lele dan buah kecapi mengukir sejarah di kota Bekasi

Refference

http://wikimapia.org/5461540/id/Patung-Lele, http://www.vavai.com/blog/index.php?/archives/458-Landmark-Kota-Bekasi-Extra-Joss.html, http://bataviase.co.id/node/94709, http://www.sinarharapan.co.id/berita/0204/29/jab04.html

Masi inget ttg postingan tapi? Yupp, klo kita liat sisi positipnya, kita ga bisa anggap remeh kelebihan lele loh! Check this out:

Ikan Lele

Dari segi kesehatan:

  • Kaya akan Leusin yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak, menjaga keseimbangan nitrogen dan pembentukan protein otot.
  • Kaya akan Lisin untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringnan tubuh, perkembangann tulang anak, memelihara masa tubuh anak agar tidak terlalu berlemak.
  • Tergolong makanan dengan kandungan lemak yang relatif rendah. Per 100 gram, kandungan lemak ikan ini hanya 2 gram, jauh lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi (14 gram), apalagi daging ayam (25 gram), berarti baik buat jantung.

Dari segi umum

  • Melihat kondisi perekonomian indonesia saat ini, peran lele sangat besar (mksudna pecel lele) karena mudah didapat n harganya murah. Lele adalah sahabat kita, anak kos2an. “Murah” dilihat dari sisi positip merupakan hal yg keren banget.
  • Bisa untuk menjaga kualitas air yang tercemar, karena bisa menghilangkan kotoran-kotoran.
  • Beberapa jenis lele bisa dijadiin ikan pajangan atau ikan hias, dan ada yg bisa untuk memberantas hama padi berupa serangga air.
  • Denger2 bisa dijadiin obat buat ngobatin asma, menstruasi ga teratur, mimisan, kencing darah dll.

Buah kecapipun ga kalah  hebatnya.. coba cek di bawah nie

Buah Kecapi

Dari segi kesehatan

  • Rebusan daunnya bermanfaat buat penurun demam
  • Serbuk kulit batangnya bisa untuk pengobatan cacing gelang
  • Akarnya bermanfaat buat obat kembung, sakit perut dan diare, soalnya punya khasiat antidiare, untuk meredakan kekejangan dan mengeluarkan angin dari perut.
  • Akarnya juga bisa buat penguat tubuh wanita setelah melahirkan

Dari segi umum

  • Bisa langsung dimakan sbgai buah seger ato dibikin jelly ato manisan.
  • Bisa buat perimbun rumah, jadi tempat teduh yg adem sepoi2, soalnya pohon kecapi pohonnya rimbun dan besar, tingginya bisa nyampai 20-30 m. Ukuan batangnya bisa nyampai diameter 90cm.
  • Kayunya bisa buat bikin konstruksi bangunan, kerajinan kayu, perabotan rumah tangga n peralatan lainnya.

Referensi

http://ekadana.com/freeblog/ayoblog/manfaat-lele-untuk-kesehatan, http://kikidanobsesinya.wordpress.com/2009/06/22/ikan-lele/, http://udienskhusy.com/110/klasifikasi-dan-manfaat-ikan-lelehttp://www.anneahira.com/buah-buahan/kecapi., http://serumpunlubai.blogspot.com/2012/02/buah-kecapi.html

Leks

    • keken oktaviana
    • October 26th, 2012

    boss saya punya patung lele bekasi yg aslinya……
    tapi saya gak bsa uplod k blog stu.
    gmna y caranya…

    • adi
    • December 1st, 2012

    bro minta fotonya juga dong aslinya, kangen ma patung lele, hhehee aponang@yahoo.com

    • hadueh… diriku jg udah coba2 nyari2 poto aslinya. tp ga dapet juga bro.. Cari2 di internet jg ga dapet. Just wait n see, sapa tau nti dpt.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: