Si Pematung Raja

Ada seorang pematung dari kalangan rakyat biasa. Hasil karya’nya sangat indah hingga akhirna terdengar oleh sang raja, maka dipanggillah si pematung untuk datang di istana untuk nemuin panggilan sang raja. Sang raja berkata, “Hasil karyamu luar biasa, aq mau kau bikinkan patung buat aq, istriku, dan mentri2ku, mo aq taruh buat menghiasi istanaku”. Si pematung tersanjung dan menyanggupi permintaan raja. Maka pulanglah dia dan mulai membuat patung permintaan baginda raja.

Dua bulan berjalan, dan selesailah tugasnya.

Di istana, si raja terkesan melihat patungnya, “bagus sekali”, patung istrinya, “bagus”, patung mentri2nya, “bagus”,katanya. “Bagus semuanya… hmm… loh, dimana patung dirimu? Kok ga ada kamunya? Ni ga lengkap klo ga da patungmu! Aq mau patungmu juga”.

Si pematung terheran tp juga terharu, “klo begitu akan segera saya buat tuan raja”

Di rumah, pematung kusak kusuk, binun karena lum pernah bikin patung dirinya sendiri. Klo patung orang mah ud biasa, klo patung sndiri?? Hmm… dia berfikir, klo patung raja, ratu dan mentri pasti ditaro di dalam istana, smntara aq cuman rakyat biasa, apa mungkin ditaroh di dalam istana.. emang siapa aq.. para bangsawan juga pasti akan mntertawakan klo ada patung rajel (rakyat jelata) kayak aq disana. Paling raja bakal naro patung aq di luar istana.. di pasar mungkin… ato mungkin ditaro di kolam aja. Huff… nti ud aq buat bagus2, trus ditaro di luar, yg ada kena panas, kena ujan, bakal kusam pudar warnanya, dipenuhi lumut dan ga keurus.. mgkin aq ga perlu bikin bagus2 kalee ya? Secukupnya aja kalee ya? Ga msti perfect kalee ya?

Dalam hitungan hari, patung dirinya jadi jg, dan dia perlihatkannya ke sang raja. “loh kok karyamu yg ini ga sekeren patung2 sebelumnya. Patungku, istri n mentri2ku istimewa, tp kenapa malah patungmu ni biasa aja? Padahal mo aq taruh disamping patungku di dalam istana je… wah klo gini bisa bikin malu tamuku nih. Hmmm ya udah de…”

Maka dipanggillah penjaga istana, “ Penjaga.. tolong taroh patung ini di luar aja”.

Selese

Reff : cerita di training tentang coaching oleh Johnny

”Dan bahwa sesungguhnya tidak ada balasan bagi seseorang melainkan balasan dari apa yang telah mereka usahakan” [An-Najm: 39]

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: