Lukis Wajah / Karikatur (Jakarta)

Gmbar di atas diambil dari t4 lukis poto yang di jalan Dr Sutomo, nie contoh bedanya antara lukis poto wajah dgn lukis karikatur.

 Seni ngelukis wajah dari dulu mpe sekarang emang ga ada matinya. Meski sekarang kamera digital ud banyak beredar, handphone berkamera makin yahuud aja, bahkan banyak program komputer yg bisa bisa bikin poto wajah jadi kayak lukisan apa malah karikatur. Namun lukisan asli emang lebih original, lebih mempunyai ciri khas untuk diabadikan. Karena nilai seninya terasa, ni lukis wajah sering dipake buat hadiah, ucapan selamat, penghargaan, perpisahan dengan bos, poto prewed, ato cukup buat lukis wajah sendiri ajah.

Berikut bberapa t4 buat ngebikinin lukisan wajah/karikatur di jakarta :

1. Kios2 di Jalan Dr Sutomo

Kios2 ini tepatna persis di sebelah timur halte buswei Pasar Baru. Disini bagus sangat, trlihat dari hasil yg ud terpajang di dpn kios2. Trdapat beberapa kios bikin harga bersaing jadi bisa pilah2 mana yg lebih murah. Trdapat banyak contoh antara lukis wajah n lukis karikatur disini. Udah gitu, tiap pelukis punya khas sndiri2 yg temen2 bisa pilih nantinya.

Klo naek motor, temen2 bs lgsung markir di dpan kios, tp klo naek mobil, msti agak ke selatan dikit biar ga ganggu jalan, soalna ni kios2 letakna mepet pertigaan yg cukup rame.

Seni lukis wajah dibagi dua, ada yg lukis wajah asli, jadi digambarnya dengan fixed ratio, skala asli, simetris seperti poto wajah/wajah asli. Dan satu lagi, lukis karikatur, gambar dibuat lucu, menonjolkan bagian yg khas dari wajah, biasanya ukuran kepala berlipat ganda, kadang disertai dengan background kartun atau baloon chat yg kocak.

 2.       Pelukis di Jalan Glodok

Lokasi pelukis2 ni, brada di utara Glodok, masih di jalan Gajah Mada, tapi udah mo arah Stasiun Kota. Di sini, pelukisna ga trkumpul brdekatan kayak di Dr Sutomo, tp terpisah lompat-lompat di emperan spanjang Jalan atara Glodok dan perempatan Stasiun Kota, cuman adanya di sebelah barat jalan. Para pelukis di jalan ini ga punya kios masing2 tp lbh kayak lapak sperti gmbar di atas. Tp jgn salah, gambar mereka keren2 jg. Terima jg gambar karikatur mski yg dipajang kbnyakan gambar lukis wajah/poto.

Harga untuk lukis wajah beragam tergantung dari ukuran lukisan, jumlah wajah yg dilukis, dan bahan gambar, apakah kertas atau kanvas. Jangka waktu pengerjaan normalnya seminggu, tp bisa kurang.

3. Pelukis Jalanan di Area Kota Tua 

Secara ga sengaja, aq ngeliat juga adanya pelukis wajah di kota tua, jakarta. Disini pelukis lbih cucok disebut pelukis jalanan, kayak laguna kla project musisi jalanan, hehehe. Yup, ntu dikarenakan ga sperti di Dr Sutomo dan di jalan Glodok yg sama2 terpusat untuk mnjual karya lukisan, di kota tua, nie lbih buat meramaikan pedagang asongan dan penjual hiburan  di area ni. Jadina campur2 ama jualan laennya kayak tato, photo, persewaan sepeda, dan masi bnyak lagi. Ngeliat dr yg dipajang, segmen yg ini cenderung ke anak muda yg gi seneng2na pacaran ato maen ke kota tua. 

4.  Blok M Square

6

Nemu satu lagi tempat lukis karikatur…  klo yang ini di daerah Jakarta selatan. Tepatna di Blok M Square. Ntu, deket ama terminal Blok M. Klo yg ini, diriku lum tau banyak info, soalna emng pas kebetulan lewat ajah. Mana ga bawa duit, jadi malu mo nanya2 tapi kosongan… Jadina lgsung cek sndiri ke TKP yua.. lumayan buat yg di daerah selatan ga usa jaoh2 ke jakarta pusat.

Oks, smntara itu dl yg bs diinfo’in, nti klo kita nemu tempat laen dimana para pelukis menjajakan usapan jemarinya, segera kita share lagi di sini… So kalo ud kebelet pengen bikin lukisan wajah ato karikatur… Sok atuh mangga kadieu….

Oke’okelah klo begitu…. Have a nice day…. C U….

Leks

    • Fatmah
    • November 23rd, 2012

    sory gan mau tanya,
    kira.kira agan tau nggak tentang harga lukis wajah yag karikatur di daerah jl. dr. sutomo ?
    butuh info nih gan..

    thankss…

    • Dari bbrapa t4, harga lukis wajah, sekitar 75-90rebu mas yg bagus trmasuk yg di sutomo. baik karikatur ato poto hitam putih harga segitu. Coba dinego dl yah….🙂

    • anggerrr
    • May 11th, 2013

    yang di kotu kira2 berapa gan? mohon infonya

    • chenrani
    • July 5th, 2013

    info dong, aku kan dr luar jakarta nih. kira kira mrka ada jasa pesan untuk yg dr luar kota gak ya? thanks🙂

    • Iya yah.. aq ga kepikiran buat nyantumin no telp ya… Hmmm buat kamu yg di luar kota, ada kok penjual karikatur via on line… dulu pernah liat tuh..
      Tapi lupa webnya… coba search via mbah google… pasti ketemu… sukses yaa

    • yana
    • December 31st, 2014

    Ikut nimbrung comment boleh ya. Saya bbrp waktu yg lalu berencana memesan lukisan karikatur sbg hadiah untuk sahabat. Saya ke kawasan dr sutomo. Saya coba tanya 1 per 1 kios, menanyakan brp biayanya. Hampir semua menawarkan dgn harga di atas 800rb tanpa bingkai. Tapi akhirnya saya ketemu sama 1 pelukis yg ga terlalu mahal. Beliau memberikan harga bukan berdasarkan harga bahan8lukisan tapi berdasarkan berapa kita punya budget. Otomatis tawar tawarannya lebih obyektif dan ekonomis. Saya puas bgt sama pelukis itu dan saya janji saya akan terus buat dia sbg langganan saya kalo saya mau kasih oleh2 berupa lukisan lg. Nama pelukisnya Hadi. Studionya namanya Meshadi. Orgnya udh separuh baya pake kaca mata. Jadi kepada para pembaca yg baca postingan ini trus butuh rekomendasi pelukisnya dateng aja ke jl dr sutomo itu ya. Semoga cocok juga. Thanks udh boleh ikutan comment.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: