Kisah Tikus Kecil

Pada suatu hari seekor tikus kecil lari kenceng ke arah ibuna. Dia gi ketakutan setengah mati. Si tikus kecil langsung meluk ibuna seraya berkata “ibuu… ibuu.. aq galau…” Sembari mngelus kepala si tikus kecil si ibu tikus bertanya, “ada apa anakkku?”

Si tikus kecil pun bercerita, “Aq ngeliat penampakan yg sgt mnakutkan di kebun bu’. Pas awalna sech aq liat ada binatang satu yg aq belum pernah liat bu. dia baek banget bu, jalannya lemah lembut, dia pake pakaian beludru kayak kita tapi warnanya belang n ekorna panjang nan indah. Matana berkilau cantik bu dan senyumna adem bu. Keliatanna dia mo ngajak ngobrol bu, n aq yakin dia mo sahabatan ama aq bu.”

“Lalu apa yg bikin dirimu ketakutan gitu?” tanya si ibu tikus. Si tikus kecil lgsung ngejelasi, “Nah gini bu’, pas aq mo ngedeketin si bintang yg baek itu, ada binatang laen yg lum prnh aq liat jg tp serem bgt. Dia gede banget, matanya tajem melotot2, kakina berwarna orange. Dia make topi merah bu, mulutnya kuning n runcing tajam bngt. Pokokna suereem bgt de bu..”

Si ibu kucing penasaran, “Apa binatang yg serem itu mo nangkap kmu sayang?”. Tikus kecil geleng2, “Ga bu’, dia ngehalangin antara aq ama si binatang yg baek itu. Dia ngadep si binatang baek, membelalakan mata trus sayapnya dikepak2in. Mulutnya dibuka lebar2 smbil ngomong ga jelas ‘petook petook petook’ gitu de bu. Aku kan takuuut banget jadina. Aku pikir aq bakal mati klo tetep d sana. Jadina aq cepet2 lari pulang ke rumah ibu. Untungnya dia ga ngejar aq bu”. Si tikus kecil kini meluk erat ibu’na.

Si ibu tikus tersenyum smbari ngelus2 tikus kecil. Ibu berkata, “sayang, syukurlah kmu tiba di rumah dgn selamat. Nak, binatang yg katamu serem itu tadi, namanya jago, dia ga bakal ngeganggu dirimu nak, dia ga ada maksud jahat nak. Sementara binatang yg kmu bilang baek itu nak, namanya kucing. Kucing itu paling kejam. Dia sukanya ngebunuh bangsa kita. Dia tuh mo makan dirimu, bukan mo bersahabat ama dirimu. Klo aja si jago ga ngelindungimu, si kucing pasti ud nangkap kmu.

“Oh gitu yah bu, aq jadi malu…”, si tikus kecil nundukin kepalanya. Si ibu ngadem2in, “ya ud, yg paling pnting kmu selamat. Laen kalee hati2 maenna… jangan jaoh2.

Inget nasehat ibu, ‘Kmu ga boleh ngenilai orang dari luarna aja ya. Sering kita nilai klo orang tu ga baek krna penampilanna ga bagus, sebalikna kita ngenilai org itu baek krna dia ganteng or cantik. Padahal belum tentu itu.”

Si tikus kecil paham, dia ud lega, ngerasa aman brsama ibuna, “makasih ibu, aq bakal inget selalu nasehat ibu. Aq ga bakal bilang orang ntu jahat ato baek dari penampilanna aja, ga sebelum aq tau bener2 dl. Aq sayang ibu”

Selese

Reff : Selected fables, Dharma Wanita Des 94

“…Boleh jadi kami tidak menyukai sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu buruk bagimu…” (QS. Al-Baqarah : 216)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: