Museum Nasional


museum nasional

Museum nie mrupakan salah satu museum yg paling luas di Jakarta. Kamu mesti ngeluangin waktu 1 hari full soalna bakal makan seharian buat ngelilingin museum Nasional ini. Ni museum juga dikenal dgn nama “Museum Gajah”, kok bisa gitu? Soalnya, tepat di depan museum ini trdapat patung gajah yg fenomenal karena dulunya merupakan hadiah dari raja Thailand yg waktu itu brkunjung di Indonesia.

Okelah, lgsung aja kita masuk ke ruangan prtama… Klo kamu trmasuk rata2 org yg langsung lurus ke depan, maka kmu bakal nemuin buanyak koleksi arca trbuat dari batu, malah sampe ditaro di taman2 saking bnyknya. Pada dasarnya, ni adalah koleksi pas jaman batu. Ni jadi ngingetin kita pas jaman sekolah SLTP yg mnceritain sejarah adanya menhir, dolmen, tugu sesembahan, nisan, dll.

2

Taman Arca

Di ujung taman arca nie, dirimu juga bakal nemuin ruangan trtutup, (pintuna ditutup soalna pake AC) jadi buka sndiri ajah ya.. Namanya ruangan Prasejarah… Disini merupakan kisah-kisah awal mula munculnya zaman logam. Trdapat brbagai pernak pernik yg terbuat dari logam, baik dari besi, perunggu dan tembaga.

3

Ruangan Prasejarah (kiri) Patung dari logam (kanan)

Okeh, skrg kita lanjut msuk ke dalam lagi, disitu kmu bakal nemuin ruangan yg dipenuhin ama maket rumah2an adat dari brbagai daerah di Indonesia… Macem2 deh.. Seru, kmu bisa coba2 tebak2an dari adat manakah miniatur rumah2 disitu. Btw, mnurut aq, nie ruangan bagus bgt buat ngajarin geografi ttg rumah adat buat anak sekolah, djamin cepet melekat di kepala.

4

Ruangan Rumah Adat (kanan) Maket Rumah Adat Jogja –  Joglo (kiri)

Bersebelahan ama Ruangan Rumah Adat, kmu bakal nemuin ruangan dmana isinya adlah barang2 keramik. Disini ada brbagai piring, gelas, guci, n banyak lgi macemnya yg trbuat dari keramik dgn motif gambar dari zaman baheula..

5

Ruang Keramik

Sampai disini kmu pasti ud cape n lemes.. ud ga merhatiin detail khas dari keramik2 yg ada…. Hehehe

5a

Keramik berbentuk kodok buatan taun 60-70an yg lalu

Tp begitu kita jalan ke sebrang, pindah ke ruangan Etnografi pasti jadi melek lagi. Soalna makin rame t4nya. Kenapa disebut ruangan etnografi? Dari namanya aja etno, alias etnik, yaitu adat2 dari belahan Indonesia raya, dari sabang sampe merauke.

7

Salah satu sudut ruang etnografi – Etnik Papua (kiri), Etik Indonesia lainnya (kanan)

8

Ruangan Gamelan (masi di salah satu sudut ruang etnografi)

Nah sampe dsini bolehlah lemes, rempong, cape.. soalna emang luas bgt museumna… eh, jgn salah, masih ada beberapa ruangan yg lum kmu dtangi loh. Yuk jalan lg. Hehehehe.

7b

Patung nenek moyang yg terbuat dari kayu ama tengkorak asli, bisa buat perantara antara keluarga yg masih idup  ama keluarga yg udah meninggal

7c

KOTEKA, ini tuh penutup alat kelamin cowok dewasa. Dibuat dari buah labu air loh yg ud kering karena dijemur. Ukurannya macem2 trgantung ukuran alat kelaminnya.

7d

Ni keris berasal dari Bali. Gagangnya diukir bentuk manusia

Selanjutnya ada yg namanya ruangan Khasanah Arkeologi dan ruangan Khasanah Etnografi. Arti Khasanah adalah Treasure alias temuan / harta …


9

Pintu Masuk Ruangan Khasanah Arkeologi dan ruangan Khasanah Etnografi

10

Ruangan Khasanah Arkeologi dan ruangan Khasanah Etnografi

Di ruang khasanah Arkeologi dan Khasanah Etnografi ini, kmu bakal nemuin benda2 yg dianggap berharga n diyakini memiliki kekuatan gaib kayak perhiasan, keris, tombak, pedang, n bnyak pusaka laennya. Buat yg idungnya sensitif, kmu mnding bawa tutup idung de, soalna bau jadul, bau lama gitu… Btw ga boleh poto2 ya disini…

10a

Ni bisa diliat di ruang khasanah arkeologi. Yg di kiri atas tuh merupakan wadah yg berbentuk nanas, brasal dari abad 7-10M, sebelah kanannya temuan brbntuk lingga yoni. Klo yg dua bawah tuh mrpakan perhiasan senjata, jadinya senjatanya bisa gaul juga alias prestige..

10b

Klo nie bisa ditemuin di ruang khasanah arkeologi. Tp ga eling nie tuh apa..

Okelah.. Smoga kaki kamu belum lepas, soalna masi ada ruangan yg belum kamu kunjungi.  Yuk lanjut…

11

Ruangan Prasejarah (Manusia dan Lingkungan)

Di ruangan nie, mnceritakan ttg awal mula pradaban. Ada bbrapa cerita ttg teori2 darwin, trus bentuk2 tengkorak jaman prasejarah dulu..

Ruangan prasejarah emang serem, buat anak kecil emang baekna ditemenin papa mamanya biar ga nangis trus gegulingan… nti dikira kesurupan… Hiii ngerii, nyok pindah ruangan laen aja nyok…

14

Ruang Pengetahuan Teknologi & Ekonomi

Ruangan ni berada di atas ruangan prasejarah. Disini terdapat bentuk2 usaha2 jaman dahulu, trus ttg alat2 kapal dengan navigasi dan astronomi jaman colombus dl.  Huff cape, buruan jalan lagi yuaa….

12

Ruangan Tekstil

Mestinya pas di ruang arca kita lgsung masuk ruangan ini. Soalna letaknya ada di sebelah kiri ruang arca. Lagi2 ruangan nie pintuna trtutup soalna pake AC, alhasil emang bnyak yg kelewat masukin ni ruangan. Di ruangan ni kain2 dari sluruh pelosok Indonesia dipajang loh, batik, songket, sarung, tenun, smuanya ada de. Yahuud lah.

12a

Kain sarung yg kiri teh berasal dari Sumba NTT, bermotif ular naga, kijang, kuda laut, manusia, n kalajengking. Klo kiri, sarung yg berasal dari Sawu NTT bermotif cewek maen harpa. 12b

Yg kiri tuh kain sarung dipake sehar2 sbagai selimut, secara dsono dingin bgt, kebetulan klo nie motifnya rusa ama kuda. Klo yg kanan tuh sarung yg ditenun n disulam dgn motif ayam n manusia. Ni dari Sumba jg.

Terakhir, ni adalah ruang persembahan dari kerajaan Thailand waktu itu. Sebagaimana patung Gajah di depan Museum yg jadi icon museum nasional, Raja Thailand juga menyumbangkan bberapa peninggalan bangsa Thailand di museum ini. Hingga dibuatkan ruangan khusus untuk koleksi negeri Gajah Putih ini

13

Ruangan Thailand

Ruang di brsebelahan ama ruang tekstil, jadi klo kmu bisa nemuin ruang tekstil, ruang Thailand pasti ketemu juga.

13a

Patung budha mengenakan perhiasan diapit bentuk wajah patung khas Thailand

 Satu lagi, terakhir info buat kmu2, klo museum nie, trmasuk museum yg aktif, dimana sering dalam satu bulan, diadakan acara2 seperti hari Batik, pameran atlas dunia, pameran lukisan Sunan Ampel Dan laen sebagainya. Jadi jgn mpe ktinggalan informasi, barangkali pas ada pameran yg sesuai ama idam2an kmu…

15

Acara Membatik

(pengnjung dibebaskan untuk mewarnai kain batik yg udh disiapkan museum)

 

Leks

    • Johnc75
    • July 3rd, 2014

    Can you add a Blackberry template? This web page is tricky to read otherwise for those of us browsing with cell phones. Otherwise, in the event you can place a RSS link up, that would be good also. bcdfekdedaag

    • thank u for read my article, thank u for your suggestion, but i dont know how to add a blackberry template… lets me find out first.. i appreciate for the attention..

    • Johna70
    • July 3rd, 2014

    Howdy! Would you mind if I share your blog with my twitter group? Theres lots of people that I believe would really enjoy your content. Please let me know. Thanks gkffeddekkcd

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: