Bumbu+Saos Indomie Goreng (Balikpapan)

Kembali lagi kita bahas menu favorit Indomie Goreng. Bermula ketika bikin indomie goreng+sawi di rumah. Diriku perhatikan, bahwa bumbu+saos Indomie goreng di Balikpapan beda ama bumbu+saos di Jawa. Red:Bumbu+saos selanjutnya akan kita sebut dgn Bumsos. Bumsos Indomie goreng di Balikpapan lebih mirip dengan bumsos mie instan rebus, yaitu 1. saosnya berbentuk bubuk (bumbu cabe) bukan cair, 2. Tidak dilengkapi dengan bawang goreng. Kemudian curhat lah ke istri dan selanjutnya istri curcol ke tetangga. Dari hasil diskusi (ngrumpi) dgn tetangga didapat info kalau bumsos Indomie goreng yang sama dengan di jawa bisa didapat dengan belinya indomie goreng JUMBO. “Saya belinya selalu indomie goreng jumbo mbak” kata istri sambil memperagakan cara ngomong si tetangga. Alhasil dicobalah beli indomie goreng jumbo, dan diperolehlah kesimpulan.

Bumsos Indomie Goreng.

Bumsos Indomie Goreng (Balikpapan) : Saos = bumbu cabe (bubuk), tanpa bawang goreng

Bumsos Indomie Goreng JUMBO (Balikpapan) : Saos = cair, ada bawang goreng.

Nah, yang paling utama adalah di rasa. Kenapa diriku bahas bumsos ini, tak lain karena cita rasa. Kenikmatan dari sebuah indomie goreng yang sudah dilengkapi telor rebus dan sawi hijau tidak sempurna kalo tidak ditopang oleh saosnya yang cair dan bawang . Rasanya beda. Klo diibaratkan oleh cheft ternama indonesia pak bondan, kalau bumsos indomie goreng “Nikmat rasanya”, sedangkan bumsos indomie goreng JUMBO “Mak nyus..” yang artinya lebih mendekati keistimewaan rasa.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: